Rabu, 26 Desember 2012

MENGENAL BROTOWALI

 
    Dalam bahasa latin, brotowali disebut Tinospora Crispa (L) Miers. Dalam bahasa inggris bratawali disebut Bitter Grape, dalam bahasa Cina dikenal dengan Shen jin teng. Brotowali yang dikenal sebagai tanaman obat ini berasal dari Asia Tenggara. Wilayah penyebarannya di asia tenggara cukup luas, meliputi wilayah  indo cina, semenanjung melayu, filipina dan indonesia. Tanaman ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional, terutama di kios-kios yg menjual jamu. Namun sekarang ini sudah tersedia ekstrak brotowali yang dikemas kapsul sehingga memudahkan konsumen dalam mengkonsumsinya.

   Brotowali mengandung banyak seyawa kimia yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. kandungan seyawa kimia berkhasiat obat tersebut terdapat di seluruh bagian tanaman, dari akar, batang, sampai daun. Akar brotowali mengandung seyawa anti mikroba barberin dan kolumbin, secara umum di dalam tanaman brotowali terkandung  berbagai senyawa kimia antara lain, alkaloid, damar lunak, pati, glokosa, pikroretesoid, harsa, zat pahit pikroteron, tronokisposit, barberin, palmatin, kolumbin, dan kaokulin atau pikrotoksin.

     Sifat analgenik menyebabkan brotowali dapat menghilangkan rasa sakit. Sifat antipiretikum menyebabkan brotowali berkhasiat dalam menurunkan panas. Batang brotowali banyak digunakan untuk mengobati sakit perut (diare),demam,sakit kuning, sakit pinggang, dan cacingan. Disamping itu, brotowali digunakan sebagai antidiabetik. Antidiabetik di sini adalah sebagai obat penyakit diabetes atau kencing manis. Brotowali juga bisa digunakan sebagai obat luar, misalnya obat kudis, serta membersihkan koreng dan ganreng.

* BAGIAN-BAGIAN TANAMAN

a. Batang
   Brotowali memiliki batang yang berbintil-bintil rapat dan tidak beraturan, lunak, berair, serta berasa pahit. Jika disimpan dalam jangka waktu yang lama, keadaan batang cenderung tidah berubah. Ukuran batang brotowali sebesar jari kelingking. Panjangnya bisa mencapai 2,5mm atau lebih.

b. Daun
    Bentuk daun brotowali seperti jantung atau bertangkai menjantung, agak membundar, dan berujung lancip. Daunnya termasuk jenis daun tunggal.



c. Bunga
    Bunga brotowali termasuk jenis bunga tidak sempurna karena tidak memiliki bagian-bagian bunga yang lengkap dan berukuran kecil. Warna bunga hijau muda atau putih kehijau an dengan enam mahkota.

d. Buah
    Tanaman brotowali memiliki buah yang berkumpul dalam tandan, Warna buahnya merah muda.


 Jika anda mengalami kesulitan saat meminum air ramuan brotowali ini, baik karena rasanya yang pahit maupun karena baunya, bisa mengatasinya dengan cara mengoleskan jahe ke permukaan lidah, setelah itu baru meminum ramuan itu. hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi brotowali adalah menghindari pemakaian yang berlebihan atau OVER DOSIS, Zat pahitnya yang disebut pikroretin dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan cairan empedu,sehingga dapat menyebabkan selera makan berkurang.
   
      Demikianlah sedikit tips dari saya semoga dapat membantu kesehatan dan bermanfaat bagi anda, berolah-ragalah setiap hari dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anda agar tetap sehat terjaga, terima kasih telah berkunjung. 

Jumat, 21 Desember 2012

KHASIAT MENGKUDU

 KHASIAT MENGKUDU 

  MEGKUDU {Morinda Citrifolia} untuk bahan pengobatan tradisional sangat populer di kawasan Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, dan Karibia.Tanaman mengkudu seperti akar, kulit batang, daun dan buah, berkhasiat untuk obat. Akar mengudu dimanfaatkan untuk mngobati kejang-kejang dan tetanus. Juga untuk menormalkan tekanan darah, obat demam, an tonikum. Pepagan (kulit batang) mengkudu dugunakan untuk tonikum, antiseptik pada pembengkakan pada kulit, borok, dan luka. Daun mengkudu dimanfaatkan untuk mengobati disentri, kejang, usus, pusing-pusing, muntah-muntah, dan demam. Buah mengkudu untuk obat peluruh kemih, urus-urus, pelembut kulit, kejang-kejang, peluruh haid, bengek, gangguan ernapasan, radang selaput sendi. Akar, daun, dan buah memiliki khasiat anti cacing. Bunga dipakai untuk mengobati radang selaput mata, kudis, bisul, sakit kerongkongan, batuk. jadi semua bagian mengkudu berkasiat.

 Sejak dulu mengkudu ini sudah diusahakan oleh penduduk Polinesia dan untuk di ambil kulit akarnya, karena mengandung zat pewarna. Zat pewarna merah padam yang dihasilkannya digunakan untuk memberi warna ada benang, kain tenun, dan daun pandan bahn anyam-anyaman. jadi menurut penelitian mengkudu memiliki khasiat sebagai berikut:
  1. Meningkatkan proses peyerapan zat-zat nutrisi.
  2. Meningkatkan kinerja kelenjar-kelenjar tubuh.
  3. Mengatasi tumor.
  4. Mengatasi kulit yang terbakar.
  5. Meningkatkan paras seretonin.
  6. Mengurangi rasa letih.
  7. Menormalkan gula dalam darah.
  8. Meningkatkan fungsi reseptor paa dinding-dinding sel.
  9. Menyeimbangkan kondisi hormon.
  10. Meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan adrenal.
  11. Menyeimbangkan sistem imunitas dalam tubuh.
  12. Mengurangi nyeri saraf. 

  Selain memiliki khasiat mengkudu juga mempunyai banyak kandungan, yang harus perlu diketahui, adapun kadungan mengkudu sebagai berikut:
  • Zat Nutrisi.
  • Terpenoid (Pemulihan sel-sel tubuh).
  • Zat Anti-bakteri.
  • Scolopetin (Anti Alergi dan Anti Peradangan).
  • Zat Anti-Kanker.
  • Xeronine dan Proxeronin (Menormalkan Protein pada sel-sel abnormal).
  • Asam Askorbat (Vitamin C dan Antioksidan).   
  Dan masih banyak lagi khasiat dan kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu yang baik bagi kesehatan kita. sedikit tipz dari saya ini semoga bermanfaat bagi kesehatan anda.

KHASIAT DAUN SALAM

KHASIAT DAUN SALAM
  

 Dikenal masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak karena memiliki keharuman yang khas yang bisa menambah kelezatan masakan nusantara. Daun salam rasanya kelat dan bersifat astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat.

                               
                                  DAUN SALAM 

 Asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau pun hewan (daging, jeroan, ikan sarden).

   Jadi asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Sedangkan pemicunya adalah makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin. Sebetulnya, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen.

Cara Meramu Daun salam menjadi Obat Asam Urat:
Rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

ingat, jika Anda sedang menjalani pengobatan modern, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan obat tradisional dalam waktu yang bersamaan, karena bisa dosisnya menjadi berlipat ganda sehingga justru malah membahayakan.Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika Anda ingin menggunakan obat tradisional.
 
  Asam urat saat ini menyerang calon penderita tidak mengenal usia. Bila sakit sudah serius, rasa nyeri dipersendian terasa menggigit. Penumpukan asam urat dapat mengganggu kenyamanan dan aktifitas sehari-hari.

  Hati-hati memilih makanan bagi penderita asam urat. Obat-obatan yang dikomsumsi tidak menjamin akan menghilangkan asam urat, bila tidak diikuti pola hidup dan cara makan yang sehat untuk menjaga kadar asam urat. Pemilihan jenis makanan berperan sangat penting untuk mengontrol penyakit ini.

   Tanda-tanda terjangkit asam urat antara lain kesemutan dan linu, nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur dan sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.

   Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam urat antara lain, makanan laut seperti kepiting, udang, remis, tiram, cumi-cumi dan lainnya. Minuman yang mengandung alkohol seperti bir, tuak, tape dan lainnya. Makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi dan lainnya, jeroan seperti usus, hati limpa, paru, otak, jantung dan ginjal dan lainnya.

  Beberapa jenis buah-buahan yang tidak disarankan dikomsumsi oleh penderita asam urat antara lain durian, alpukat, air kelapa muda, emping melinjo dan juga kaldu ayam.

 Bila ada pantangan, sejumlah makanan dinyatakan aman dikomsumsi penderita asam urat. Antara lain keju, susu, telur, makanan sumber karbohidrat seperi beras, kentang, sigkong, mie, bihun, roti dan biskuit. Namun kabohidrat sederhana golongan fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup sebaiknya dihindari karena meningkatkan kadar asam urat. Buah-buahan yang aman dikomsumsi seperti semangka, melon, nanas, belimbing, jambu air.

 Saran bagi penderita asam urat, dianjurkan banyak minum, minimal 2 liter atau 10 gelas sehari, bertujuan membantu pengeluaran asam urat lewat air seni dan mencegah penumpukan asam urat di ginjal atau kandung kemih. Air minum ini bisa berupa air putih masak, teh, atau kopi. Kedua, kontrol makanan yang dikomsumsi dan melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal.
  Demikianlah sedikit tips dari saya semoga bermanfaat bagi kesehatan anda, jangan lupa berolah-ragalah min 30mnt perhari agar tubuh anda segar tetap sehat menjalani aktifitas.